parallax background
apartment-thumb
[REPOST] Law Of Attraction, Denny Santoso, and I
November 12, 2016
natali-book-thumb
[Book Review] Untold Story of Natali Ardianto
November 13, 2016
 

Sebagai pelaku agency & consulting seputar startup yang salah satu unit bisnisnya adalah event management, sensitivitas saya terhadap sebuah event khususnya yang berbau startup cukup kuat!

Menariknya, di minggu depan saja rentang Senin (14/11) hingga Sabtu (19/11) ada 9 event seputar startup yang bisa Anda pilih untuk diikuti!

Saya menyebutnya dengan “seputar startup” karena memang ada event yang nggak langsung membahas tech/digital business, namun lebih kepada sisi entrepreneurship-nya. Oh ya, Umumnya event-event ini memang berbayar, tapi ada juga yang gratisan.

Penasaran apa sajakah itu?

Saya urutkan sesuai hari, ya!


Senin, 14 November 2016

Event Ke-1: Indonesia Economic Forum 2016

Topic: Economy, Technology, & Entrepreneurship

Hour: 06.30 am - 07.30 pm

Venue: Shangri-La Hotel Jakarta, Kota BNI, Jl. Jend. Sudirman Kav. 1, Jakarta, 10220

Attendant: Public

Status: Paid

Senin pagi kita awali dengan konferensi tahunan tingkat Asia yang ketiga kalinya diadakan di negeri tercinta ini: Indonesia Economic Forum 2016.

Dengan mengusung tema “Driving Innovation: Reshaping Indonesia’s Economy”, konferensi bergengsi yang diadakan di hotel bintang lima itu akan membahas topik seputar Fintech, Digital Entertainment, Digital Healthcare, Artificial Intelligence, Internet Of Things, Makers Technology, Virtual Reality, dan lainnya.

Kendati acara akan dilangsungkan besok hari, namun masih ada waktu untuk registrasi di sini!

Event Ke-2: Bank Indonesia FinTech Office Launch

bank-indonesia-thumb

Bank Indonesia peduli dengan industri fintech

Topic: Startup & Entrepreneurship

Hour: 09.00 am - 03.00 pm

Venue: Function Room, Gedung Thamrin Lt.4, Kompleks Perkantoran Bank Indonesia, Jl. MH. Thamrin No. 2, Jakarta Pusat

Attendant: Invitation Only

Status: Free

Dua jam kemudian di pagi hari terbang dari kawasan Sudirman ke Thamrin, ada acara peresmian Bank Indonesia FinTech Office dengan tema: Revolusi Sistem Pembayaran dalam Ekonomi Digital.

Dari bocoran undangan yang saya terima bahwa selain peresmian program inkubator yang diinisiasi oleh Bank Indonesia ini, ada juga sesi speed dating yang biasa diikuti oleh para pelaku startup fintech.

Inkubator ini sendiri pada dasarnya adalah regulatory sandbox, dimana Bank Indonesia bisa memantau perkembangan fintech sesuai “kotaknya” alias koridor hukum formal yang berlaku di Indonesia sehingga pelaku fintech hanya akan “bermain” di dalam “kotak” tadi.

Melalui Fintech Office ini juga Bank Indonesia akan memberi pendampingan kepada pelaku bisnis fintech agar berkembang serta berbagi pengetahuan mengenai kebijakan moneter dan makroprudensial di Indonesia.

Event Ke-3: Plug & Play Indonesia Soft Launch - Press Conference

plug-play-thumb

Inkubator fintech akhirnya diluncurkan!

Topic: Startup

Hour: 10.00 am - 12.00 pm

Venue: Kunstkring Palaeis, Teuku Umar Mentang - Jakarta, Jl. Teuku Umar No. 1 Mentang, Jakarta, 10350

Attendant: Public

Status: Free

Satu jam setelah “Bank Indonesia FinTech Office” diluncurkan, di tempat yang berbeda giliran Plug & Play bekerjasama dengan Gan Kapital akan mengadakan soft launching Plug & Play Indonesia.

“Plug & Play Indonesia” sendiri merupakan program akselerator tiga bulan yang memfokuskan pada mobile application di bidang fintech dan akan berinvestasi sebesar US$ 50,000 (sekitar Rp 670.750.000,- dengan asumsi kurs Rp 13.415,- per US$ 1 saat tulisan ini diluncurkan) untuk masing-masing startup yang terpilih dengan menargetkan 20 startup fintech pada tahun 2017 dan dimulai bulan Februari mendatang.

Pantau perkembangannya di “Plug & Play APAC” dan sekiranya Anda tertarik untuk hadir dalam konferensi pers-nya, silahkan kirim email ke: brian[at]plugandplay[dot]co[dot]id

Event Ke-4: Startup Grind Jakarta

startup-grind-jakarta-thumb

Inilah Startup Grind Jakarta pertama di 2016!

Topic: Startup

Hour: 06.00 pm - 09.00 pm

Venue: EV Hive Coworking Space, The Maja Lantai 1, Jalan Kyai Maja 39, Jakarta Selatan

Attendant: Public

Status: Paid

Menginjak malam hari, Anda bisa menghadiri ajang Startup Grind Jakarta yang pertama di tahun 2016 ini dengan menghadirkan Marcus Tan. Inilah untuk pertama kalinya Co-Founder dan CEO Carousell itu berbicara di panggung startup Indonesia.

Startup Grind sendiri merupakan event serial yang sudah tersebar di 200 kota di dunia dan dirancang untuk mengedukasi, menginspirasi, serta menghubungkan para pelaku startup di tingkat lokal.

Segera daftarkan diri Anda di sini.

Baca Juga: [Event Backstage] The Kick Off Startup Grind Jakarta!


Selasa, 15 November 2016

Event Ke-5: Startup Lokal Meetup v.71

startup-lokal-71-thumb

Fintech sedang menjadi primadona

Topic: Startup

Hour: 06.00 pm - 10.00 pm

Venue: Jakarta Digital Valley, Menara Multimedia Telkom, Jl. Kebon Sirih No. 10 lantai 6, depan MNC Building, Gambir, Jakarta Pusat 10110

Attendant: Public

Status: Free

Sementara “Indonesia Economic Forum (IEF)” memasuki hari kedua yang berakhir hingga malam, di tempat yang berbeda Startup Lokal mengadakan meetup bulanan yang ke-71.

Lantaran kali ini spesial bermitra juga dengan Tech in Asia dengan tema “The Rise of Fintech in Indonesia”, pembicara yang kami hadirkan juga tidak kalah istimewa yaitu Teguh Basuki Ariwibowo (Founder Pinjam Indonesia & Inisiator Indonesia Fintech Forum), Brata Rafly (CEO Dimo), dan Samiaji Adisasmito (COO Jojonomic) yang startupnya baru memperoleh funding seri A Rp 19 miliar September silam.

Meetup bulanan Startup Lokal kali ini juga menjadi satu-satunya kegiatan yang ada di hari Selasa (15/11) pada daftar ini dan tentu saja bisa Anda hadiri dengan registrasi di sini.

Baca Juga: Dokumentasi Foto Startup Lokal Meetup v.70


Rabu, 16 November 2016

Event Ke-6: Tech In Asia Jakarta 2016

tech-in-asia-thumb

Dapatkan diskon spesial!

Topic: Startup

Hour: 09.00 am - 06.00 pm

Venue: Balai Kartini Convention Hall, Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 37, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Attendant: Public

Status: Paid

Inilah konferensi startup tahunan yang paling dinanti dan telah memasuki tahun kelima: Tech In Asia Jakarta!

Dengan menghadirkan sekitar 100 pembicara dari kalangan ekosistem startup dan industri teknologi di dalam dan luar negeri, TIA Jakarta 2016 kali ini sedikit berbeda dengan penambahan Revenue Stage dan Product Stage selain tentu saja Main Stage.

Adapun inovasi tahun silam berupa Marketing Stage dan Developer Stage tetap dipertahankan, bahkan kabarnya Student Stage yang tahun silam diperkenalkan kini berubah nama menjadi Startup 101 Stage.

Oh ya, jika Anda ingin memperoleh diskon 20 persen, gunakan kode startuplokal20 saat membeli tiketnya di sini.

Event Ke-7: E-Commerce Show Indonesia 2016

e-commerce-thumb

E-Commerce masih menggiurkan

Topic: Startup

Hour: 09.00 am - 06.00 pm

Venue: Pullman Hotel Central Park Mall, Podomoro City, Jl. Letjen. S. Parman Kav. 28, Jakarta Barat, 11470

Attendant: Public

Status: Paid

Di hari yang bersamaan dengan dimulainya Tech in Asia Jakarta 2016, di kawasan hotel Pullman Central Park Mall sana juga baru dimulai ajang E-Commerce Show Indonesia 2016.

Jika Anda ingin fokus mendalami e-commerce, tampaknya konferensi dan pameran khusus e-commerce ini merupakan ajang yang tepat. Tema pembahasan yang diangkat seputar E-commerce Technologies and Strategies, Payment and Security, Delivery and Fulfillment, Digital Marketing, serta Customer Experience and Service.

Di venue yang sama juga diadakan rangkaian acara lainnya yang bisa menambah wawasan bisnis Anda yaitu Retail World Indonesia dan Cards & Payments Indonesia (yang ini lebih membahas Fintech, sih).

Jika Anda tertarik bisa registrasi di sini.

Event Ke-8: Kupas Tuntas Bukalapak

bukalapak-thumb

Bukalapak akan buka-buka-an!

Topic: Startup

Hour: 09.00 am - 12.00 pm

Venue: Cre8 Community + Workspace, Metropolitan Tower Lv. 13 A, Jl. R.A. Kartini - TB. Simatupang Kav. 14, Cilandak, Jakarta Selatan

Attendant: Public

Status: Paid

Jika waktu Anda terbatas tidak bisa menghadiri konferensi sehari penuh mulai dari jam 09.00 pagi hingga 06.00 sore bahkan selama dua hari berturut-turut seperti Tech In Asia Jakarta 2016 dan E-Commerce Show Indonesia 2016, acara startup hanya tiga jam ini bisa diikuti: Kupas Tuntas Bukalapak.

Diwakili oleh partner perwakilan kantor hukum BP Lawyers dan tim legal Bukalapak, mereka akan mengupas secara tuntas mengenai masalah hukum dan upaya bagaimana cara menghindari kejahatan berbisnis dalam dunia online. Tidak tanggung-tanggung, sekaliber Achmad Zaky selaku Founder & CEO Bukalapak juga akan bergabung sebagai pemateri.

Anda bisa reservasi melalui email: info[at]prolegal[dot]id

Baca Juga: Dokumentasi Foto Startup Lokal Meetup v.69


Jumat, 18 November 2016

Event Ke-9: Entrepreneur Hub Weekend

entrepreneur-hub-weekend-thumb

Inisiasi baru, nih!

Topic: Entrepreneurship & Startup

Hour: 07.00 pm - 09.00 pm

Venue: Estubizi Business Center & Co-Working Space, Graha Tirtadi Lt. 2, Jl. Wolter Mongonsidi No. 71, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (depan Subur Printing, setelah Monami Bakery)

Attendant: Public

Status: Paid

Mari kita tutup akhir pekan minggu depan dengan menghadiri ajang Entrepreneur Hub Weekend.

Inisiatif dan gerakan baru yang bertujuan menumbuhkan wirausahawan muda di kalangan anak muda yang digagas Dolly Lesmana (CEO Arka Media) dan Prabu Revolusi (TV Journalist CNN Indonesia) ini akan mengundang para Founder atau CEO inspiratif yang siap berbagi ilmu bisnis.

Acaranya sendiri dibagi pada dua hari yang berbeda berupa fun talkshow and sharing session serta workshop session dengan registrasi melalui Charlie di 0857-7511-1031.


Anda tertarik pada event yang mana?

SEKIAN


Image Courtesy: Flickr Creative Common 1, Flickr Creative Common 2,
and Startup Grind Property.

Herry Fahrur Rizal
Herry Fahrur Rizal
A Startup Enthusiast who has 5 years experience in Indonesia startup ecosystem | Follow me on Facebook: Herry Fahrur Rizal